Gone Baby Gone

Ben Affleck memulai debutnya sebagai sutradara melalui sebuah film luar biasa berjudul Gone Baby Gone yang diadaptasikan dari sebuah novel dengan judul sama hasil karya Dennis Lehane. Dennis Lehane juga mengarang Mystic River, sebuah novel yang menginspirasi Clint Eastwood membuat menuangkannya dalam bentuk Film. Seperti halnya Mystic River, Gone Baby Gone juga bercerita tentang kejahatan terhadap anak-anak.

Amanda McGready, gadis cilik usia 5 tahun hilang. Dugaan sementara, gadis ini adalah korban penculikan anak. Issue ini menjadi issue besar tingkat nasional. Wartawan, tetangga, polisi semua ikut ambil bagian dalam usaha pencarian Amanda.
Bibi Amanda, Bea McGready berinisiatif menyewa Patrick Kenzie (Casey Affleck), seorang detektif swasta khusus pencarian orang hilang. Penyelidikan pun dilakukan. Pada perkembangan selanjutnya, ditemukan fakta-fakta mengejutkan khas film detektif.

Patrick berhasil mengungkap sebuah konspirasi besar yang bertujuan untuk memisahkan Amanda dengan ibunya, Helene McGready, seorang wanita pemabuk dan pecandu kokain. Ironisnya, pelaku utama konspirasi ini adalah kepala tim penyelidik kasus pencarian Amanda, Jack Doyle(Morgan Freeman) yang dibantu oleh Remy Bressant(Ed Harris) dan Lionel McGready, paman Amanda sendiri.

Jack Doyle adalah polisi senior yang mendedikasikan hidupnya pada kasus-kasus penculikan anak. satu hal yang ingin dilakukan Jack Doyle sebelum pensiun adalah “menyelamatkan” Amanda dari kehidupan gelap ibunya. Niat Jack Doyle mendapat dukungan penuh dari Remy Bressant yang sangat ingin melihat keponakannya hidup bahagia jauh dari pengaruh buruk ibunya. Maka dirancanglah sebuah sandiwara brilian untuk memisahkan Amanda dari ibunya.

Konflik pun terjadi. Idealisme Patrick diuji. Apakah akan mengungkapkan konspirasi ini dan mengembalikan Amanda kepada ibunya atau menutup mulut dan melihat Amanda hidup bahagia bersama Jack Doyle.

Patrick ternyata lebih memilih opsi pertama. Patrick berpendapat, walaupun dilandasi oleh niat yang baik namun tetap saja ini adalah penculikan. Tetap saja Jack Doyle mencuri Amanda dari ibu kandungnya sendiri. Pilihan yang sepertinya salah karena seorang pecandu kokain dan pemabuk dari lingkungan kriminal seperti Helene bukanlah tipe manusia yang bisa sadar dalam waktu yang singkat. Butuh lebih dari sebuah “rasa kehilangan” untuk bisa menyadarkan manusia jenis ini.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Film

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s